Basmi Corona, Toyota Vios Menjelma Kendaraan Water Canon

Masih ingat dengan Toyota Vios yang dimodifikasi menjadi traktor pembajak sawah? Nah kali ini sang pemilik, memodifikasi kembali mobil sedan tersebut menjadi sebuah kendaraan water canon.

Video hasil karya modifikasi ini diunggah di kanal YouTube Bapak Mustofa Kepala Jenggot pada 4 April 2020. Modifikasi ini bertujuan membantu membasmi virus Corona melalui penyemprotan disinfektan.

“Daripada nyewa alat semprot, khususnya untuk penyemprotan jalan raya, saya bersama teman-teman akan eksperimen menjadikan Vios/Limo ini menjadi water cannon agar berguna bagi masyarakat,” tuturnya dalam video yang sudah ditonton lebih dari 50 ribu kali itu.Advertisement

Agar bisa menyemprotkan cairan disinfektan, Vios ini dilengkapi sebuah mesin genset dan mesin pompa elektrik. Mesin genset diletakkan di sebuah braket besi di belakang, sementara mesin pompa elektrik ditaruh di dalam bagasi.

Sebagai tempat penyimpan cairan disinfektan, dua buah drum ditempatkan di jok baris kedua dan bagasi. Drum paling besar berkapasitas 200 liter dan drum paling kecil 40 liter.

“Slangnya keluar dari tujuh penjuru ya. Depan satu, di samping bawah ada kanan dua, kiri dua, sama di belakang ada dua,” jelasnya lagi.

Saat dicoba di jalan umum, mesin penyemprot bekerja dengan baik. Hanya saja suara yang ditimbulkan dari mesin genset agak mengganggu pendengaran.

“Pengabutannya lumayan sempurna. Kencang semprotannya dan sudah bisa membasahi aspal,” ujarnya.

“Semoga mobil ini enggak ada kendala. Kita bisa menyemprot dimanapun disinfektan. Pokoknya yang mau minjem atau mau make ini siapapun enggak papa,” terangnya.